PROFIL KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI AMBON


Sejarah singkat

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon pada awal merupakan salah satu kantor yang sudah berdiri sejak kemerdekaan yaitu sekitar Tahun 1945. Ketika Imigrasi pertama kali  ada pada tahun 1957, Kantor Imigrasi Ambon bernama Kantor Jawatan Imigrasi dan saat itu kantor Imigrasi dibawahi oleh pemerintah Provinsi Maluku,  Kepala Imigrasi di jabat oleh Kepala Biro Umum Pemerintah  Gubernur yaitu Drs. Umar Sahudi.

Kantor Imigrasi yang pada masa itu masih bergabung dengan provinsi berada di komplek Kantor Gubenur Maluku, kemudian kantor Imigrasi pindah ke sekitar pelabuhan Yos sudarso.

Sekitar tahun 1973  kantor Imigrasi Ambon pindah lagi ke Jln. Sultan Babullah No. 17-18 Ambon yang sekarang  menjadi  kantor  Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Maluku. Setelah berintegrasi dengan Kantor Wilayah Hukum  dan HAM Maluku, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon pindah lagi  ke karang panjang yang sekarang menjadi  perumahan dinas  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Maluku. Tidak beberapa lama kemudian Kantor Imigrasi pindah ke daerah Taman Makmur Air Salobar yang sekarang menjadi perumahan dinas Kepala Divisi Keimigrasian. Setelah beberapa kali berpindah  kantor hingga akhirnya Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon Ambon berpindah ke Jalan Dr. Kayadoe No. 48 A Kelurahan Kudamati Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon hingga sekarang  ini.

Aktivitas keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon lebih terfokus pada pelayanan seperti pemberian Paspor  R.I.,pemberian dan perpanjangan Izin Tinggal bagi Orang Asing, hal  ini  dapat dilihat dari cukup tingginya intensitas kegiatan pelayanan  pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon.  Penegakan  hukum   keimigrasian  pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon selama ini berjalan cukup baik, hal ini dapat dilihat jumlah Orang Asing yang dikarantina dan dideportasi  dari   tahun   ke   tahun  cukup signifikan.

Semua itu tidak terlepas dari kesigapan Aparat Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon dalam melaksanakan tugas-tugas keimigrasian.  Sumber daya manusia pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon terus  diupayakan untuk peningkatan kualitas kinerja dalam mendukung tugas-tugas keimigrasian  dengan  demikian  sistem   penegakan  disiplin  terhadap pegawai dapat ditingkatkan.

 

Arsip Foto Awal Pembukaan Kantor


Wilayah Kerja

Wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon meliputi satu kota  dan lima kabupaten, yaitu:

1. Kota Ambon

2. Kabupaten Maluku Tengah

3. Kabupaten Seram Bagian Barat

4. Kabupaten Seram Bagian Timur

5. Kabupaten Buru

6. Kabupaten Buru Selatan

 

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon Ambon memiliki 2 (dua) Tempat Pemeriksaan Imigrasi yaitu :

  1. Pelabuhan Laut Yos Sudarso sebagai Tempat Pemeriksa Imigrasi Laut
  2. Bandara Udara Internasional Pattimura sebagai Tempat Pemeriksa Imigrasi Udara